03 Februari 2009

Manfaat Berbuat Kebaikan

Pada suatu hari raja Persia melewati seorang tua yang sedang menanampohon buah Zaitun, kemudian raja Kisra berhenti sebentar sambilberfikir tentang harapan yang berada di pikiran orang tua itu,sedangkan orang tua itu boleh jadi tidak lagi hidup ketika saatnyamemakan buah dari pohon yang ia tanam tersebut karena umurnya yangsudah sangat tua tersebut.


kemudian raja Kisra berkata: "Wahai Orang tua bukan waktunya lagiengkau menanam pohon Zaitun ini, karena pohon ini lambat pertumbuhandan berbuahnya sedangkan kau orang tua yang sangat renta sekali."


orang tua itu berkata : "wahai raja Kisra, orang-orang dahulu jugatelah menanam apa yang kita makan hari ini, maka sudah sepantasnyakita menanam supaya anak cucu kita nanti bisa makan apa yang kitatanam sekarang"


Lantas Raja Kisra berkata "Anda sungguh luar biasa mulia."


sepertibiasanya apabila raja berkata seperti itu kepada seseorang, makakepada orang itu diberi hadiah sesuai dengan ukuran yang sepantasnya,maka raja membayar untuk harga buah tersebut kepada orang tua itu.


maka orang tua itu berkata lagi "wahai raja, bagaimana pendapatmutentang apa yang aku tanam, alangkah cepat berbuahnya."


raja Kisra itu berkata, "luar biasa" untuk yang kedua kalinya,kemudian orang tua itu diberikan hadiah lagi yang lain.orang tua itu berkata lagi. "


wahai raja, setiap pohon yang berbuahsekali dalam satu tahun, sedangkan pohonku ini berbuah dalam sebentarsaja dua kali."


maka raja berkata untuk kali ketiga "luar biasa",


kemudian rajaberjalan dan berkata kepada para sahabatnya "Ayo pergi, jika kitaterus-terusan berhenti di kebun orang tua ini, maka tidak akan cukupapa yang ada di perbendaharaan kita untuk memberi hadiah kepadanya".


Cerita diatas adalah contoh bahwa Setiap kebaikan yang kita lakukanselalu membawa manfaat bagi yang mengerjakan kebaikan itu sendirisebagaimana Firman Alloh SWT."Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yangmenafkahkan hartanya di jalan Alloh adalah serupa dengan sebutir benihyang menumbuhkan tujuh bulir, pada setiap bulir: seratus biji, Allohmelipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia)-Nya) lagi Maha mengetahui." (QS. Al-Baqarah: 261).

1 ulasan:

  1. lepas ni aku nak tutup semua aurat aku la... maintak ampun ya Allah..

    kau rang jgn ingat aku nak tutup aurat coz takut org tau rahsia aku...

    aku tutup aura kerana Allah la...

    BalasPadam

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...